Mari Belajar Internet & E-Commerce 1 !!!

Mari Belajar Internet & E-Commerce 1 !!!

Selamat malam sobat Blogger...
Sudah lama sekali saya tidak posting dan sharing bersama sobat, kali ini saya akan posting tentang tugas kuliah yang penting untuk di share kan kepada sobat blogger semua.
Daripada nunggu sampe berlumut mending langsung saja ke TKP...

Analisis Perusahaan Yang Sudah Menggunakan E-Commerce
Objek perusahaan yang akan saya analisa adalah perusahaan PT. Global Digital Niaga atau anak perusahaan dari PT. DJARUM yaitu blibli.com.


Sekilas tentang Blibli.com
Blibli.com adalah salah satu E-commerce di Indonesia dengan konsep belanja online ala mall. Dengan konsep tersebut blibli mengharapkan masyarakat Indonesia yang terbiasa belanja di mall bisa menemukan barang yang mereka cari dengan mudah dan menyenangkan dimanapun dan kapanpun. Blibli adalah produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum dibidang digital yang didirikan pada tahun 2010. Blili bekerja sama dengan teknologi provider kelas dunia, mitra logistik, banking partner serta merchant partner dengan standar tertentu untuk menciptakan sistem back-end yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna blibli. Saat ini Grup Djarum melalui Global Digital Prima Ventures (GDP) misalnya, membentuk inkubator bernama Merah Putih Inc, sebuah inkubator start-up lokal berbasis komunitas dan memberikan bantuan modal bagi start-up lokal yang inovatif. Kantor pusat Blibli bermarkas di Jakarta Barat dengan biaya infrastruktur seperti server dan jaringan hampir mencapai Rp 100 miliar.

Analisis cara pemasaran Blibli.com
  • Menjunjung semangat kebersamaan, Blibli.com hadir sebagai situs social commerce yang mengintegrasikan konsep e-commerce dan sosial media agar masyarakat Indonesia dapat saling berinteraksi, berbagi informasi, memberikan review, maupun merekomendasikan produk-produk berkualitas, sehingga setiap keputusan belanja yang dibuat tepat dan membawa manfaat untuk kemajuan bersama. 
  • Transparan, Blibli.com menjunjung prinsip transparansi dengan menghadirkan mekanisme operasional dan harga yang jelas, produk orisinal bergaransi resmi dengan deskripsi yang lengkap, agar masyarakat Indonesia dapat mengambil keputusan belanja yang smart dan bijaksana.
  • Sesuai dengan norma ke-Indonesiaan, Blibli.com menghadirkan produk-produk yang memenuhi kebutuhan dan gaya hidup masyarakat, tanpa melanggar norma-norma kesopanan dan kesusilaan yang berlaku di tengah masyarakat Indonesia.
  • Komitmen pada pelayanan, Blibli.com berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dengan kualitas pelayanan terbaik melalui customer service center yang berdedikasi.
 
Analisis SWOT Blibli.com
A. STRENGHT
1) Bermacam-macam produk yang di tawarkan
2) Produk yang di tawarkan berkualitas
3) Harga kompetitif
4) Ketersediaan barang dijamin
5) Kepuasan pelanggan terjamin
B. WEAKNESS
1) Banyak mayarakat yang belum tahu tentang bisnis online ini
2) Rentan terhadap kecurangan e-commerce seperti hacker
3) Banyak masyarakat yang belum mempunyai akun paypal
4) Banyak pesaing di luar sana yang lebih bagus lagi
C. OPPORTUNITIES
1) Memberikan keuntungan yang cukup besar.
2) Prospek atau peluangnya cukup besar untuk dikembangkan
3) Permintaan pasar dijaman yang modern ini semakin meningkat
D. THREATH
1) Banyak jenis usaha yang sama sebagai pesaing.
2) Persaingan dalam pemasaran yang semakin ketat.
3) Dalam era global seperti sekarang ini persaingan tidak hanya ada pada lingkup dalam negeri tapi seluruh dunia adalah pesaing kita.
Kelebihan belanja online di Blibli.com
Saya kutip dari situs Blibli.comberikut dibawah ini adalah kutipannya:
Sebagai salah satu pelopor online shopping mall, Blibli.com berkomitmen memberikan pengalaman berbelanja online yang aman, nyaman, mudah, menyenangkan, dimana saja dan kapan saja.

  • Koleksi lengkap untuk semua kebutuhan Anda, Menghadirkan lebih dari 40.000 produk pilihan dari 11 kategori yang tersusun sistematis mulai dari kategori Handphone & Tablet, Kamera, Komputer & Laptop, Peralatan Elektronik, Fashion Pria, Fashion Wanita, Kesehatan & Kecantikan, Ibu & Anak, Hobi & Olahraga, Otomotif, dan Kuliner.

  • Cicilan 0% Semua Produk, Untuk kenyamanan dalam berbelanja, Blibli.com menghadirkan fasilitas Cicilan 0% untuk semua produk dengan tenor cicilan hingga 12 bulan.

  • Gratis Pengiriman Seluruh Indonesia, Blibli.com memberikan layanan Gratis Pengiriman ke seluruh Indonesia.

  • Customer Care 0804 1 871 871, Blibli.com menghadirkan layanan Customer Care yang siaga membantu Anda dalam berkonsultasi atau bertanya seputar produk dan layanan kami.

  • Garansi resmi untuk setiap produk, Setiap produk yang tersedia di Blibli.com merupakan produk orisinal bergaransi resmi yang disertai dengan deskripsi lengkap untuk membantu Anda mengambil keputusan smart dan tepat dalam berbelanja.

  • Sistem pembayaran yang mudah, aman dan terpercaya, Menghadirkan pilihan metode pembayaran yang bervariasi dan aman dengan sertifikasi VeriSign dan Credit Card Fraud Detection System.

  • PromoJadikan momen belanja online menjadi lebih menyenangkan dengan beragam promo menarik yang dihadirkan di Blibli.com.

No comments: