CARA UPDATE DAN DELETE DATA MYSQL DENGAN PHP

setelah berhasil mempelajari cara input data dari form dengan php mysql, sekarang kita akan belajar materi selanjutnya yaitu cara melakukan update data menggunakan bahasa pemograman PHP.

Modifikasi Halaman Index.php

Langkah pertama yang akan kita lakukan adalah membuat link untuk menuju ke form edit pada halaman utama ( index.php ). dimana ketika link edit ini diklik maka akan membawa parameter id_mahasiswa dari web browser yang akan digunakan sebagai informasi data mahasiswa yang akan ditampilkan pada form nantinya. sekarang silahkan modifikasi file index.php menjadi seperti ini :
pada line 22 dan 23 kita menambahkan script untuk menampilkan link yanga akan digunakan untuk membuat form edit dan proses delete. sehingga tampilan sekarang menjadi seperti ini :

index

Membuat Form Update

jika anda melihat pada address browser maka setelah nama file akan ada ?id_mahasiswa=2, parameter id_mahasiswa=2 itu adalah data dinamis yang terbawa ketika users memilik data yang akan di edit. tugas  kita sekarang adalah menampilkan data yang sesuai dengan data yang dipilih oleh users berdasarkan parameter id_mahasiswa  yang dibawa tadi kedalam form edit. sekarang buatlah sebuah file baru dengan nama form-edit.php dan ketiklah script ini :

sekarang kalau link edit di klik maka akan menampilkan form dengan data yang sudah terisi sesuai dengan data yang dipilih seperti dibawah ini :

form_edit_php_mysql

Membuat Proses Update

seperti yang anda lihat pada form edit di atas, atribute action nya mengarah ke file update.php yang akan memproses data nantinya dengan method post. jadi sekarang kita akan membuat file edit.php dan ketiklah script berikut :

Membuat Proses Delete

proses terakhir adalah sekarang kita akan membuat proses delete data dari database, konsepnya sama seperti proses update tadi cuman pada proses ini tidak menampilkan form, melainkan langsung menghapus data berdasarkan data yang dipilih oleh users pada halaman utama. silahkan buat script baru dengan nama delete.php dan ketik script berikut ini :
selamat karna sampai saat ini anda sudah belajar cara manipulasi data mysql menggunakan bahasa pemograman PHP.

1 comment:

  1. Happy Good Night para member setia AGENS128, oke gengs kali ini kami akan memberikan kepada kalian semua promo menarik yaitu BONUS CASHBACK MINGGUAN UP TO 10% , jadi untuk kalian yang mau mendapatkan bonus cashback mingguan terbesar kalian bisa bermain di agen kami dan dapatkan bonus besar hanya untuk kalian semua, dan jangan lupa untuk mengajak teman kalian bermain bersama kami dan dapatkan juga bonus REFFERAL 5% + 2% langsung ke dalam id kalian .

    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
    BBM : D8B84EE1 atau AGENS128
    WA : 0852-2255-5128

    Ayo tunggu apalagi !!

    ReplyDelete