CARA UPLOAD FILE DENGAN PHP DAN CARA VALIDASINYA

Upload adalah sebuah proses mengcopy file dari komputer client ke komputer server, hampir semua aplikasi pasti mempunyai fitur ini untuk kebutuhkan tertentu. sebagai contoh jika anda adalah pengguna media sosial pasti sudah familiar dengan kegiatan upload foto profile. nah ini adalah salah satu contoh dari implementasi dari fitur upload dimana pengguna bisa memilih foto dan kemudian informasi ini disimpan di database untuk ditampilkan nantinya. pada postingan ini anda akan belajar cara mengupload file menggunakan bahasa pemograman PHP.

Membuat Form Input Data Buku

Pada tahap ini kita akan membuat sebuah form sebagai interface bagi pengguna untuk menginput data buku dan mengupload cover buku tersebut. silahkan buat sebuah file dengan nama form-input.php dan tulis script ini :
jangan lupa save untuk menyimpan perubahan. sekarang silahkan buka web browser anda dan masukan http://localhost/upload/form-buku.php untuk melihat hasilnya.

form-input-bukuselanjutnya kita akan membuat fungsi untuk mengupload file dari komputer client ke server, silahkan buat sebuah file baru dengan nama simpan.php dan tulis script ini :
Lalu silahkan input judul buku, pilih cover nya dan klik button simpan, jika berhasil maka akan muncul informasi seperti ini :
hasil-upload

Melakukan Validasi Inputan

adakalanya kita harus melakukan validasi terhadap file yang di upload, misalnya untuk data cover buku hanya boleh berupa gambar dan ukuran nya tidak boleh lebih dari 1MB, kita bisa melakukan nya dengan memodifikasi script sehingga menjadi seperti ini :
lalu silahkan coba upload file yang ukuran nya lebih dari 1MB atau yang tipe file nya bukan jpg, maka ketika anda melakukan proses upload akan muncul informasi seperti dibawah inigagal-upload

Menyimpan Informasi File Yang Di Upload Ke Database

untuk bisa menimpan data yang di upload ke database maka kita harus membuat tabel terlebih dahulu, silahkan buat sebuah tabel dengan nama tabel_buku dengan field field sebagai berikut :
struktur_tabelAtau jika anda malas membuat secara manual maka silahkan menggunakan SQL Query ini :
lalu silahan lakukan modifikasi file simpan.php sehingga menjadi seperti ini :
lalu silahkan upload file yang memenuhi kriteria yang sudah kita tentukan agar proses upload berhasil dan datanya masuk ke database. jika sudah berhasil silahkan chek isi dari tabel_buku tersebut.list_datasampai disini anda sudah bisa membuat fitur upload file dan menyimpan informasi nya ke database.

No comments: